RSS

Mudik

28 Sep

Ritual mudik memang hanya terkenal di Indonesia, menjelang lebarang Idul Fitri maupun Idul Adha. Nah sebagai warga pendatang di Jakarta, sayapun tentunya ingin mudik, apalagi liat yang sibuk persiapan mudik. Lebaran tahun ini, saya tidak mudik ke tanah kelahiran sendiri, tetapi numpang mudik ke kampung saudara.. hehehe.. judulnya jadi numpang mudik.

Kali ini yang menjadi Kota tujuan adalah wilayah Jawa Tengah,Pati, Magelang dan Jogya. Dengan membawa kendaraan pribadi, tentunya gantian nyetir, tujuan utama adalah Pati. Silaturrahmi, sambil wisata. Wisata kuliner, wisata rohani dan agrowisata. Kedengarannya lengkap ya.. hehehe… Namanya juga tulisan berkaitan dengan jalan-jalan.. lebay dikit lah…

Untuk makanan yang menjadi perhatian saya adalah makanan khas kota Pati, tentunya setelah searching di internet, makanan khasnya adalah Nasi gandul dan Soto Kemiri.

Kami tiba di Pati pada malam hari, dan sudah disiapkan Nasi Gandul, itupun saya baru tahu esok harinya bahwa yang dimakan semalam itulah yang namanya nasi gandul… hehehe.. telat.

Bagi Anda nasi gandul mungkin masih asing, tetapi di Pati nasi ini amat terkenal. Asalnya dari Desa Gajah mati. Banyak penjual nasi gandul di sudut-sudut kota Pati yang berudara cukup panas ini. Kelezatannya bikin kita selalu kepingin menyantapnya kembali.

Kota Pati terlihat bersih dan rapi, juga agak lengang, mungkin karena masih suasana lebaran. Dari pati tidak jauh untuk menuju Kota Kudus, maka kami tidak lupa untuk mengunjungi Menara Kudus. Menara Masjid Kudus merupakan bangunan menara masjid paling unik di Kota Kudus karena bercorak Candi Hindu Majapahit, terletak di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah. Masjid tersebut telah menjadi salah satu tempat bersejarah yang penting bagi umat Islam di Jawa.

Yang tidak kalah mengesankannya adalah berkunjung ke kebun pepaya… eits jangan salah.. ini bukan pepaya biasa, tapi pepaya california. Bagi saya ini baru pertama kali melihat kebun pepaya yang sangat banyak dengan buah yang rata-rata lebat. Subhanallah.. benar-benar bikin betah. melihat hamparan pohon pepaya dengan buah yang padat.. pohonnya yang tidak terlalu tinggi.  Varietas pepaya baru yang kini digandrungi para petani karena menjanjikan keuntungan. Pepaya California memiliki keunggulan tersendiri. Buahnya lebih manis, tahan lama, dan bisa dipanen lebih cepat dibandingkan pepaya varietas lain.

Tapi jangan salah, walaupun namanya pepaya California, bukan berarti buah ini berasal dari negeri Mas Obama di Amerika sana. Nama aslinya adalah Pepaya Callina dan ini adalah hasil pemuliaan yang dilakukan bertahun-tahun di Divisi Pemuliaan Tanaman, Pusat Kajian Buah Tropika (PKBT) IPB.

 
Leave a comment

Posted by on 09,2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: