RSS

Referensi Jalan-jalan hemat

27 Apr
Backpacking Hemat ke Australia
Sinopsis Buku:
Seperti negara-negara maju pada umumnya, maka Australia tidak bisa disebut sebagai negara murah untuk didatangi. Namun, ada cara untuk berhemat, untuk lebih memperkaya pengalaman, mewarnai perjalanan, yakni tinggal di rumah masyarakat lokal.

Dengan demikian kita bisa berhemat biaya akomodasi, mulai dari belasan hingga puluhan juta rupiah tergantung pada lamanya kita tinggal atau berkeliling Australia. Caranya? Hospitality Exchange. Sebuah kabar baik untuk backpacker Indonesia yang ingin menjelajah dunia.

Kalau harus menunggu tabungan menggunung agar bisa jalan-jalan, bisa-bisa sampai 10 tahun lagi Anda tidak akan berangkat juga. Karena pada umumnya, sisa gaji atau uang saku Anda habis untuk belanja atau hang-out bersama teman.

Hal ini bukan berarti masalah uang mengubur niat Anda untuk bisa membuka wawasan melalui traveling. Ada cara hemat agar Anda bisa menambah pengalaman tanpa menguras isi kantong Anda. Ya benar! Salah satunya bakcpacking saja. Berikut ini Tips liburan/traveling hemat dan murah ala backpackers:

1. Jaga Stamina. Dari namanya sudah ketahuan kalau traveling ini murah meriah sambil menyandang tas ransel, bukannya menyeret koper mewah. Karena itu, sebagai backpacker, pastinya Anda harus kuat. Berhubung dana mesti dihemat, tidak ada istilah untuk menginap di hotel berbintang. Justru Anda mesti siap menginap di bandara bahkan di stasiun kereta api, dan barang Anda habis sekali bawa -mirip peserta reality show amazing race. Tidak hanya itu, pola makan sehat pun arus diterapkan. Berbagai vitamin dan suplemen tidak boleh lupa Anda konsumsi.

2. Jangan Manja. Kalau Anda bermaksud backpacking, Anda memang dituntut untuk fleksibel. Situasinya bisa sangat berbeda, tidak seperti kalau Anda berlibur bersama keluarga. Tidak ada kasur empuk, bathtub lengkap dengan air hangat ataupun pendingin ruangan. Sebisa mungkin Anda bisa survive dan memanfaatkan alam sekelilingnya. Paulo Coelho, penulis buku Alchemyst, memberikan tip untuk para petualang: Jangan suka membanding-bandingkan! Anda jalan-jalan untuk rekreasi, memperluas wawasan dan mengenal orang dari berbagai penjuru dunia. Jadi, jangan bandingkan standar kebersihan, harga dan kualitas hisup mereka dengan Anda. Bersiaplah mengalami berbagai hal baru dan tidak biasa.

3. Yang Harus Anda Bawa. Beberapa hal di bawah ini, merupakan perlengkapan-perlengkapan khusus ala backpackers yang Anda bawa serta dalam liburan Anda, seperti 1) Jangan pakai celana jeans. Selain berat, celana ini susah kering ketika terkena hujan. Lebih baik pilih celana kain atau kargo.
2)
Bawa Peta dan kompas.
3) Jangan lupa bawa kaos kaki ekstra, topi kupluk dan jas hujan dengan topi.
4)
Bawa minimal 2 pak tisu basah. Karena untuk mengejar waktu, kadang acara mandi Anda korbankan.
5) Bawa tas pinggang berisi dompet, ponsel, tisu, foto copy surat penting dan data-data yang Anda perlukan. Ransel besar hanya berisi benda-benda yang jarang Anda perlukan.
6)
Bungkus barang-barang penting serta kartu ATM, kartu kredit dan paspor dengan plastik.
7)
Siapkan obat-obatan, minimal minyak angin, vitamin, obat flu dan plester -untuk Anda kaum wanita jangan lupa pembalut.

Sumber : Buku The Naked Traveler – Catatan Perjalanan Seorang Backpacker

 
5 Comments

Posted by on 04,2010 in Uncategorized

 

5 responses to “Referensi Jalan-jalan hemat

  1. Turis Indie

    07,2010 at 31

    Jangan lupa sambal sachet dan antimo :)

     
  2. Wijayatama

    10,2010 at 31

    Ingin berlibur ke pantai atau wisata bahari tapi dekat dari Jakarta atau bahkan merupakan bagian dari kota Jakarta??? Mungkin sebagian teman-teman langsung berpikir bahwa pantai itu Ancol bukan? Nah, Selain Ancol yang udah padat dengan pengunjungnya masih ada lho tempat tenang yang jauh dari keramaian kota..yakni Taman Nasional Kepulauan seribu. Untuk Informasi Pulau Seribu, Pulau Bidadari, Pulau Pantara, Pulau Kotok, Pulau Putri, Pulau Ayer atau diPulau Sepa.. Hubungi kami :

    Kantor Pemasaran Pulau Seribu :

    Jl. Lodan Timur No.7 Marina Ancol Jakarta 14430.
    Telp : (021)640 6166
    Fax : (021)640 7344

    Jl. Raya Condet, No. 1 Jakarta.
    Telp : (021)8088 9688
    Fax : (021)8088 9671

    24 Hours :
    08159977449 / (021)682 74005

    Email : wijayatama@pulauseribu-wisata.com
    Website : http://www.pulauseribu-wisata.com
    Facebook : http://facebook.com/pulauseribu

     
    • EI

      10,2010 at 31

      Wuih… kepulauan seribu, perlu dijelajahi nih… pastinya bisa dapat harga bagus kan?..hehe…

       
  3. ririn yanuar

    01,2011 at 31

    Wah Keereen :D

     
  4. nina786

    05,2011 at 31

    informasi keren abis….:)

    http://www.seemeagain.com

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: