RSS

Masa Kecil

18 Feb

Aku dibesarkan dikeluarga agamis disebuah desa kecil dengan lingkungan pedesaan yang khas, Lende, mungkin dipeta Indonesia tidak tercantum, tetapi pada peta dunia melalui Encarta, bisa terlihat jelas lhooo….Hmm…peta yang aneh.

Sejak kecil, orang tuaku selalu mengajariku tata cara sholat dan mengaji Al-Quran, setiap hari, selain diajarkan disekolah SD Inpres No.1 Lende tempatku belajar, juga belajar di Madrasah Ibtidaiyah pada waktu sore. Tambahan lagi belajar ilmu tajwid pada guru ngaji yang hampir setiap hari selesai Sholat Magrib hingga sholat Isya. Walaupun hidup disebuah desa, kegiatanku cukup banyak, mulai dari aktif pramuka, menulis puisi dan cerpen, vocal grup, kelompok Qasidah, juga Olahraga, aku sering mewakili sekolah untuk mengikuti Pertandingan Tenis meja sekaligus Bulu tangkis pada PORSENI sekecamatan tingkat sekolah Dasar, aku diutus untuk dua pertandingan tersebut bukan karena ayahku yang menjadi kepala sekolah, tetapi semua yang menjadi utusan sekolah adalah mereka yang lolos dalam prakualifikasi sebelumnya, dan aku termasuk didalamnya. Dan benar saja, aku gak pernah membuat malu sekolahku, walaupun tidak selamanya berada diurutan pertama, tetapi setidaknya selalu berada dalam tiga besar, hingga aku berada di kelas ujianpun, aku masih diizinkan oleh ayah untuk ikut pertandingan olahraga antar sekolah. Soalnya prestasi sekolah juga masih terbilang cemerlang, untuk lingkunganku saat itu, aku masih ingat mulai dari kelas 1 hingga lulus SD, aku dapat juara 2 hanya sekali yaitu Cawu 2 kelas 3, itu disebabkan aku pernah sakit tipes dan kekurangan kadar gula darah. Makanya selama 1 bulan lamanya aku gak masuk sekolah, dan selama beberapa minggu, aku belajar diluar kelas, ya benar-benar di luar kelas. Jadi kursinya disiapkan di depan pintu masuk kelas, biar bisa keluar masuk dan bila kecapean bisa langsung tidur, tetapi tidak mengganggu teman-teman yang lain. Walaupun pernah sakit, Alhamdulillah secara fisik dan mungkin juga karena semangat, aku juga terkadang memperkuat tim Volley ball puteri. Tetapi dari semua olahraga yang tersebut, yang paling kusukai adalah Tennis Meja, dalam keadaan ngantukpun, bila ada yang ngajak main pingpong aku suka ladeni juga. Hobby apa doyan ya….., walapun mungkin menurut orang lain, permainanku kurang baik, tetapi yang namanya demen main, hmm…sikat aja…he..he….

Selepas SD aku memilih sekolah di Madrasah Tsanawiyah Alkhairat Tompe yang berada di Kota Kecamatan Sirenja. Aku sendiri yang memilih sekolah tersebut dan orangtuaku sangat mendukung. Alasanku adalah selain aku ingin membentengi diriku dengan agama, juga lebih banyak mempelajari Islam lebih dalam lagi, juga karena disekolah ini pelajaran umum tidak pernah ketinggalan, karena kurikulum pelajaran sama dengan sekolah umum biasa, malah kelebihannya adalah pelajaran agama dengan jam pelajaran yang lebih. Bagiku, pendidikan agama adalah pondasi kita hidup, dan itu bisa menentukan cara pandang hidup kita, Dan aku merasa dengan pendidikan agama yang telah ditanamkan orangtuaku sejak kecil, Insya Allah aku bisa menjaga diri agar tidak terjerumus pada hal-hal yang negative. Apalagi dengan keadaan jaman sekarang, hidup di Jakarta, secara kasat mata banyak godaan.
Back To Madrasah Tsanawiyah setingkat SMP, disini tradisiku di SD masih bisa kujalani, mengaji, vocal grup, olahraga. Karena disini disiapkan meja pingpong, makanya aku gak jarang menjadi wanita tercantik dilingkungan meja pingpong. Cewek sendirian sih…. Saat MTQ aku pernah jadi peserta lomba kaligrafi, baca puisi, cerdas cermat, dan pada MTQ tingkat Kabupaten aku sebagai peserta lomba MSQ, Mushabaqah Syahril Qur’an, sebagai Sari Tilawah.
Makanya aku bersyukur hidup dan lahir di desa, apalagi hadir dilingkungan keluarga dengan orangtua yang selalu tak henti membimbingku untuk menjadi yang terbaik di kehidupanku kelak.

 
Leave a comment

Posted by on 02,2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

 
