RSS

Pesona Pantai Parimpi

22 Nov

imagescah1wzaf.jpgparim.jpgPesona Pantai ParimpiPantai Parimpi yang terletak di desa lende, kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala, sekitar 90 km dari kota Palu dengan jarang tempuh kendaraan k.l 1,5 jam dari kota Palu. Suasana alam  pedesaan yang masih sangat terasa.

Wisata Kuliner di Lende
Keunikan dari Desa ini adalah Makanan khasnya pada saat musim durian tiba, yaitu dampo durian, dodol duren, dan tentunya dengan berbagai jenis duren yang siap disantap disepanjang pinggir jalan. Buah ini sudah menjadi ciri khas sehingga pengunjung datang dari berbagai daerah, ditambah lagi desa ini berada di jalur trans sulawesi, sehingga mudah untuk menjangkau.Selain itu berbagai jajanan pasar yang khas, yang juga ikut menggugah selera dengan kelezatan lokal, dapat kita nikmati dipusat jajanan pasar. mulailah hari dengan minum kopi hangat khas desa Lende. Minuman kelapa muda dengan campuran gula aren produksi lokal, jangan sampai terlewatkan jika mengunjungi tempat ini. Satu hal lagi, Iakn segar dengan berbagai ukuran dan jenis, akan mudah didapatkan ditempat ini. Kita bisa beli ikan dan membawa ke salah satu rumah makan pilihan untuk dimasak sesuai selera. Asyik bukan? Bagi yang senang dengan kehidupan sehari-hari yang sederhana dan damai, tempat ini sangat cocok. Penduduk desa yang ramah dan agamis. Suasana alam yang banyak pepohonon tertata dengan rapi.

Keunikan Wisata Pantai

Selain wisata makanan yang lezat, Lende memiliki Pantai wisata yang indah dan masih sangat alami, bahkan belum dikelola dengan baik, namun tempat ini mudah dijangkau dan tentunya untuk mencapai tempat ini tidak perlu naik berbagai kendaraan. Lokasi Lende berada di jalur trans sulawesi sehingga kita bisa langsung turun di desa lende kilometer 90, lalu menyusuri pantai ke arah utara hingga parimpi. kumpulan bebatuan yang tersusun indah dan dengan hamparan pasir putih serta air laut yang bening menjadikan hati tenang dan damai. Wisata taman laut yang sepatutnya juga menjadi obyek wisata tempat ini semestinya rugi untuk dilewatkan. Trumbu karang dengan berbagai jenis ikan hias dapat dinikmati dari atas susunan bebatuan maupun dengan snorklin. Tempat ini seyogyanya menjadi alternatif pilihan ideal liburan yang menyenangkan. Ombak yang masih bersahabat dapat memberi kesempatan bagi kita untuk berenang sepuasnya. hamparan pasir dengan pepohonan yang teduh sangat mendukung kita untuk rileks sejenak, menghilangkan kepenatan hidup. Tempat ini sangat berpotensi untuk menjadi temapat wisata yang menyehatkan jasmani dan rohani. Apalagi bila suatu saat pemerintah daerah dapat mengembangkan tempat wisata ini. kalaupun itu belum terjadi, tetapi suatu saat disana akan ada resort parimpi uniquely milik Elvie Sukrisni. Amin.

Kekhasan Musik Pedesaan

Di Lokasi parimpi secara berkala selalu diadakan berbagai pertunjukan musik, baik lokal maupun even yang melibatkan musisi dari daerah lain. Salah satu acara yang sering diakan adalah festival parimpi. tarian daerah juga sudah mulai digalakkan. Bila pemerintah daerah sulawesi tengah akan mengembangkan wilayah ini menjadi salah satu tujuan wisata secara resmi dan dilengkapi dengan fasilitas umum, maka akan sangat banyak perubahan yang terjadi.

 
Leave a comment

Posted by on 11,2007 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: