RSS

Yuk, Jelajahi Kota Palu

30 Sep

Nikmati indahnya Dunia, Nikmati keindahan Ciptaan Tuhan dengan menambah kesyukuran atas karunia-Nya. Lengkapi jalan-jalan anda keliling Indonesia yang keindahannya gak kalah menarik dengan tempat wisata yang pernah anda kunjungi sebelumnya. Dan yang pasti sesuatu yang mungkin belum anda temui dinegara orang sono. Kota Palu misalnya :-) Berbagai kekayaan alam yang dimiliki Kota Palu merupakan salah satu Kota yang menjadi tujuan para wisatawan. Tempat Favorit  para wisatawan antara lain adalah Wilayah Pantai dengan keindahan alam pantai, lebih-lebih keindahan bawah laut. Hampir seluruh wilayah pantai di Kota Palu di hiasi dengan pasir putih yang cantik. Selain itu Kota Palu memiliki tempat-tempat bersejarah yang jangan pernah anda lewatkan. Nikmati keindahan panorama Pantai dengan pemandangan hamparan gunung dapat dinikmati dari tengah-tengah kota Palu.

Suguhan berbagai acara adat dari suku yang mendiami pinggiran wilayah Kota Palu menjadi ciri khas tersendiri bagi pengunjungnya. Kenali Bangsa dengan mengenal bahasa dan budayanya. Semoga info ini dapat membantu mengenalkan salah satu kota yang menjadi tujuan wisata anda selanjutnya. :-)

Kota Palu sebagai ibukota Propinsi Sulawesi Tengah memiliki kekayaan potensi kebudayaan dan pariwisata yang tidak kalah menarik dengan daerah lain di Indonesia. Palu, yang dikenal sebagai kota lembah secara geografis dan topografinya, merupakan kota tiga dimensi yang wilayahnya terdiri dari pesisir pantai, daratan, dan perbukitan. Inilah yang menjadi salah satu ciri khas Kota Palu, sehingga tak salah oleh sebagian turis asing yang telah berkunjung ke daerah ini menjuluki Kota Palu sebagai “ the paradise under the ecuator “ atau surga di bawah garis khatulistiwa.

Kota Palu terletak di celah sebuah teluk, yang cukup jauh menjorok ke daratan. Sehingga daratannya mengelililing laut, dengan gunung gunung tinggi di sisi sisinya. Kota kecil ini dibangun di antara laut dan gunung. Daerahnya sangat panas di siang hari, dengan suhu bisa mencapai 40 derajat celcius. Maklum Palu terletak tepat di lintang 0 derajat garis Khatulistiwa.

Kawasan obyek wisata yang dimiliki oleh Kota Palu sesuai karakter geografisnya, terdiri dari obyek wisata pantai, obyek wisata lembah / daratan dan obyek wisata perbukitan. Potensi obyek wisata pantai Teluk Palu yang memanjang dari wilayah Palu Barat, Palu Timur hingga ke Palu Utara, sangat cocok dikembangkan sebagai kawasan wisata bahari, Lembah Palu yang dibelah oleh Sungai Palu, juga tak kalah menariknya untuk dikembangkan menjadi salah satu kawasan wisata air di Sungai Palu, selain situs – situs sejarah yang dapat dikemas menjadi obyek wisata sejarah dan religi. Sebut saja misalnya, Banua Oge atau Sou Raja, Makam Dato Karama, Kompleks Perguruan Alkhairaat, Makam Pue Njidi, Dayo Mpoluku, dan sebagainya. Di wilayah perbukitan seperti Ngata Baru, Padanjese, Bangalana, dan lain – lain, dapat pula dikemas menjadi obyek wisata alam yang indah mempesona.

Sejak Mei tahun 2007 lalu, Palu memiliki sebuah jembatan yang menjadi landmark kota itu. Jembatan yang diresmikan Presiden, SBY, itu merupakan jembatan dengan dua lengkungan baja berwarna kuning yang menghubungkan kecamatan Palu Timur dan Palu Barat, melintang di atas Sungai Palu, di teluk Talise.

Awalnya jembatan itu bernama Jembatan Ponulele, tapi kemudian lebih ngetop disebut Jembatan Kuning sesuai warnanya. Dari atas jembatan ini kita bisa memandang lepas ke Teluk Palu yang berbatasan dengan Selat Makassar. Konon jembatan kuning ini merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia dan ketiga di dunia, setelah jembatan lengkung di Perancis dan Jepang.

Transportasi

Kota Palu adalah salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia, sehingga transportasi sudah cukup memadai. Apabila menginap di daerah sepanjang Pantai Talise, maka cukup jalan kaki untuk mengunjungi obyek Jembatan Palu, Palu Beach. Namun apabila diperlukan maka ada beberapa alternatif lainnya seperti bus antar kota , angkutan kota, taksi. Untuk tarif angkutan kota  harga berkisar Rp. 2.000,- dan bus antar kota sekitar Rp. 25.000,- tergantung jarak lokasi luar kota yang dituju.


Penerbangan

Ada beberapa penerbangan  jika anda ingin terbang ke Palu.  Harga tiket sangat tergantung dari penerbangan yang dipilih, lama transit, pemilihan hari keberangkatan dan kepulangan (peak/low season, adanya acara di Palu, hari kerja/libur), serta jangka waktu pemesanan tiket.

Untuk mendapatkan tiket yang murah :

1.   Pesanlah tiket jauh hari, minimal 1 bulan sebelumnya.

2.   Berangkat dan pulang bukan hari libur (hindari hari Sabtu-Minggu-Senin).

3.   Hindari peak season

Jika menuju Kota Palu dari Makassar kita bisa menempuh perjalanan selama 50 menit menuju Palu, dan 35 menit dari Balikpapan, melalui udara.

 Akomodasi

Sangat banyak akomodasi penginapan di Kota Palu, dengan pilihan harga yang sangat beragam, dari penginapan biasa hingga hotel berbintang lima. Untuk memilih hotel lihatlah lokasi hotel terlebih dahulu, sebaiknya berada didaerah Pantai Talise, yang merupakan daerah pusat kota Palu dan dekat dengan obyek wisata seperti Pantai Talise, Tanjung Karang dan Taman Ria. Semakin dekat hotel dengan obyek wisata, maka harga akan semakin mahal.

Makanan

Makanan Khas Kota Palu yang perlu di coba adalah Kaledo atau Sop Tulang Sapi yang dimakan dengan singkong rebus,  Kaledo adalah makanan khas kota Palu – Sulawesi tengah.Tak heran bila kota Palu terkadang disebut juga sebagai kota KALEDO, hampir semua orang yang pernah berkunjung ke kota Palu pasti pernah mencicipi makanan yang satu ini, belum terasa lengkap kunjungan ke Palu apabila belum mencicipinya.
Kaledo sejenis sup ( makanan berkuah ) tulang sapi yang bening dengan bumbu cabe rawit yang telah dihaluskan, garam secukupnya dan asam mentah yang terlebih dahulu direbus dan dilumatkan. Rasa asam dan pedas inilah yang menjadi cirri khas dari makanan ini. Hampir di semua rumah makan yang ada di kota Palu menyediakan hidangan ini. Sop kaledo sangat segar rasanya, bisa jadi menu berbuka ataupun untuk santap sahur Anda. Tapi hati-hati dengan rasa pedasnya yang menggigit ya!

Apabila Anda berkesempatan bertandang ke kota Palu, Sulawesi Tengah, pastikan sop kaledo masuk dalam daftar wisata kuliner Anda. Selamat mencoba!

Ikan Bakar Khas Palu, sensasinya jangan pernah dilewatkan

Nasi Kuning Palu, letaknya disepanjang jalan Radjamoili banyak warung-warung kecil yang menyajikan nasi kuning dengan kelezatan jempol :-)

Uta Kelo adalah sayur kelor salah satu khas masakan Kaili, suku yang dominan di Kota Palu,

Palumara yaitu sayur ikan dengan kuah asam yang kental dan berwarna kuning, makanan khas lainnya adalah duo sole, ikan teri khas kota Palu.

Uvempoi, sejenis Kuah Asam dari Tulang Sapi yang dihidangkan dengan Burasa, yaitu Nasi santan yang dimasak dalam daun pisang

Uta dada, sejenis opor yang berkuah santan dengan berbahan Ikan atau ayam.

Secara umum harga yang ditawarkan masih standar harga pada umumnya di wilayah indonesia :-) akan tetapi harga makanan sangat tergantung lokasi dan pilihan menu.  Secara umum harga makanan sekitar Rp. 15.000,- sd Rp. 30.000,- sekali makan sudah termasuk minum.

Untuk oleh-oleh, jangan lupa membawa Bawang Goreng Palu yang memiliki ciri khas tersendiri, karena spesies bawang yang tumbuh dari lembah Palu ini menghasilkan bawang goreng yang gurih dan harum. selain dimakan dengan lauk, nasi, bawang goreng Palu juga enak untuk di “gadoin”.

Kacang Goyang, kacang yang manis dan berwarna-warni.

Bagea adalah roti kering yang bahan utamanya dari sagu.

Objek Wisata

Ada banyak sekali objek wisata di Kota Palu, yang datanya sangat banyak tersedia di internet, namun berikut obyek wisata yang sayang sekali apabila terlewati karena indah dan menarik :

Palu Wisata Bahari

Palu Beach yaitu hamparan Pantai Talise  dengan wisata malam hari, Di pantai Talise  yang sangat panjang membentang itu, kita bisa menikmati Pisang goreng, Ubi (Singkong) Goreng, Pisang Gepe, Stik Pisang, roti bakar, sampai jagung bakar berbagai rasa. Mmmmhhh rasanya nikmat banget disantap dengan segelas Kopi Susu atau Saraba yaitu Susu Jahe, sambil menikmati angin semilir Teluk Palu, dan Selat Makassar, yang memisahkan daratan Sulawesi dan Kalimantan serta pemandangan pantai dengan jembatan yang membentang indah.

Tanjung Karang, wisata laut dengan pemandangan yang indah. Berjarak sekitar 40 Km dari pusat Kota Palu. terletak di kota kecil yaitu Donggala. Sepanjang perjalanan menuju kota Donggala, kita akan menyusuri pantai pantai yang indah dan disini terdapat sebuah tempat indah yang cukup ramai dikunjungi turis lokal dan asing, Tanjung karang. Menjelang matahari terbenam, anda pun dapat menikmati pantai dengan pasir putihnya yang bersih itu. Wow luar biasa, Tanjung Karang tidak seperti pantai pantai di Bali yang ramai dan hingar bingar oleh pengunjung. Disini kita bisa menikmati ketenangan airnya yang bening, pantai yang dikelilingi pegunungan dan tanjung, serta cottage cottagenya yang tertata rapi.Jangan lupa sempatkan waktu anda untuk snorkeling dengan menikmati wisata bawah air laut dengan pemandangan karang dan ikan hias yang indah.

Pasir Putih Parimpi Indah Wisata terletak kl. 90 KM dari Kota Palu tepatnya berada di desa Lenda kecamatan Sirenja, berada di Pantai barat kabupaten Donggala. Perjalanan menuju Parimpi bisa berkisar 1,5 sampai 2 jam perjalanan. Nikmati keindahan Pantai Pasir Putih Parimpi dengan kunjungan khusus ke desa Lende. Untuk lebih mengetahui desa ini silahkan lihat disini.

 

 

Taipa Beach dari Bandara Mutiara Palu untuk mencapai kawasan Wisata Taipa Beach hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Taipa Beach merupakan pilihan alternatif bagi warga Palu yang ingin berwisata pantai selain bertandang ke Pantai Talise. Untuk menikmati pasir putih dan air laut nan jernih Teluk Palu di Taipa Beach, pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp5.000.

Bagi yang senang menikmati keindahan alam bawah air, Kawasan Taipa Beach menawarkan pemandangan alam bawah air yang menarik. Anda tinggal memilih ber-snorkeling atau diving. Bagi yang ingin ber-snorkeling, menikmati keindahan terumbu karang dan warna-warni ikan bawah air sudah dapat terlihat hanya 50 meter dari bibir pantai. Bagi pencinta diving, kawasan ini juga memeiliki spot-spot menarik untuk dinikmati.

Bagi anda yang sekadar ingin rileks, pantai ini juga menjadi tempat yang cocok, hangatnya matahari dengan birunya laut dan putihnya pasir pantai akan menjadi teman bersantai, dilengkapi dengan kolam renang dan cottage untuk tempat beristrahat. Selain itu, mata Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan elok Gunung Gawalise yang dapat terlihat dari kejauhan. Suburnya alam dengan pepohonan yang menghijau seakan membentuk gradasi warna dengan birunya langit dan air laut di Taipa Beach.

Wisata Pantai,antara lain Pantai Pantai Taman Ria,Pantai Talise,Pantai Tumbelaka,Pantai Tumbelaka,Pantai Buluri,Pantai Mamboro.

Taman Nasional Lore Lindu 

Taman Nasional Lore Lindu memiliki fauna dan flora endemik Sulawesi serta panorama alam yang menarik karena terletak di garis Wallace yang merupakan wilayah peralihan antara zona Asia dan Australia.

Taman Nasional Lore Lindu yang terletak di selatan kabupaten Donggala dan bagian barat kabupaten Poso menjadi daerah tangkapan air bagi 3 sungai besar di Sulawesi Tengah, yakni sungai Lariang, sungai Gumbasa dan sungai Palu.

Kawasan Taman Nasional Lore Lindu merupakan habitat mamalia asli terbesar di Sulawesi. Anoa, babirusa, rusa, kera hantu (Tangkasi), kera kakaktonkea, kuskus marsupial dan binatang pemakan daging terbesar di Sulawesi, musang Sulawesi hidup di taman ini. Taman Nasional Lore Lindu juga memiliki paling sedikit 5 jenis bajing dan 31 dari 38 jenis tikusnya, termasuk jenis endemik.

Sedikitnya ada 55 jenis kelelawar dan lebih dari 230 jenis burung, termasuk maleo, 2 jenis enggang Sulawesi yaitu julang Sulawesi dan kengkareng Sulawesi. Burung enggang benbuncak juga disebut rangkong atau burung allo menjadi penghuni Taman Nasional Lore Lindu.

Ribuan serangga aneh dan cantik dapat dilihat di sekitar taman ini. Layak diamati adalah kupu-kupu berwarna mencolok yang terbang di sekitar taman maupun sepanjang jalan setapak dan aliran sungai.

Patung-patung megalit yang usianya mencapai ratusan bahkan ribuan tahun tersebar di kawasan Taman Nasional Lore Lindu seperti Lembah Napu, Besoa dan Bada. Patung-patung ini sebagai monumen batu terbaik diantara patung-patung sejenis di Indonesia. Ada 5 klasifikasi patung berdasarkan bentuknya:

  1. Patung-patung batu: patung-patung ini biasanya memiliki ciri manusia, tetapi hanya kepala, bahu dan kelamin.
  2. Kalamba: ini adalah bentuk megalit yang banyak ditemukan dan menyerupai jambangan besar. Mungkin ini adalah tempat persediaan air, atau juga tempat menaruh mayat pada upacara penguburan.
  3. Tutu’na: ini adalah piringan-piringan dari batu, kemungkinan besar penutup kalamba.
  4. Batu Dakon: batu-batu berbentuk rata sampai cembung yang menggambarkan saluran-saluran, lubang-lubang tidak teratur dan lekukan-lekukan lain.
  5. Lain-lain: mortar batu, tiang penyangga rumah dan beberapa bentuk lain juga ditemukan.

Kumpulan Lyric lagu daerah Palu, Kaili. disini.

 
15 Comments

Posted by on 09,2011 in Uncategorized

 

15 responses to “Yuk, Jelajahi Kota Palu

  1. Linda Biki

    01,2012 at 31

    Satu lagi yang terlupakan..
    Kaledo, ikan bakar, evempoi, uta kelo, uta dada dan semua makanan di Palu lebih nikmat jika ditaburi bawang goreng khas Palu, bawang goreng ini tidak ada di daerah lain, hanya di Palu.
    Bawang gorengnya terbuat dari bawang mutiara (bawang batu). Bawang goreng khas Palu renyah, gurih dan mmm nikmat..Jika anda jalan-jalan ke Palu jangan lupa membeli ole-ole khas Palu bawang goreng.
    Anda bisa membeli bawang goreng khas Palu “Linda”
    dengan alamat : jl. Garuda 2 no. 22 Palu atau Jl. Maleo no. 65 Palu
    Anda bisa memesan lewat email : bawanggorenglinda@gmail.com atau face book : ole-ole khas Palu..

    saya tunggu ya…Salam, Linda

     
  2. Linda Biki

    01,2012 at 31

    Ayooo…datanglah ke Palu…

     
  3. dasrin

    02,2012 at 29

    Hebat lue

     
    • dasrin

      02,2012 at 29

      Yeaaah kepalu aja. dasiri@yahoo.com siap antar komiu untuk jalan jalan seputar ngapaku kota palu

       
    • dasrin

      02,2012 at 29

      Ada lagi makanan ciri khas kaili yaitu tembayu yaitu sagu campur kelapa yang sudah halus di parut kemudian di campur aduk sampai menyatu setelah itu di bungkus daun sagu langsung dibakar. Ingat jangan sampai hangus. “AIias naboa” nanti tidak gurih rasanya. Oke dari dasiri@yahoo.com

       
      • ~ elvie ~

        02,2012 at 29

        mantap, tapi kalo g ada bukti, artinya hoax… hehehe.. makanya kirim buktinya dulu dong…

         
  4. sight

    02,2012 at 29

    wisata indonesia emang menabjukkan

     
  5. andhika

    04,2012 at 30

    elvie mau bukti apa??? saya bisa tunjukan yang realnya.. pasti elvie akan kagum.. klo mau info silahkan hubungi sya. +6285240472944 a.n, andhika. sy siap memberikan informasi mengenai kota palu dan sekitarnya

     
    • ~ elvie ~

      04,2012 at 30

      Wah menarik nih, kirimin tulisannya mngenai palu dong, ditunggu kirimannya ya…

       
  6. dedyw2008

    07,2012 at 31

    Mantap …

     
  7. muhammad ichsan

    04,2013 at 30

    jadi pengen ke Palu nih..

     
  8. krishnoy

    05,2013 at 31

    salam kenal,

    saya dan beberapa teman berencana backpacking ke kota palu. Kami berangkat dari Luwuk sekitar bulan agustus. Ada info penginapan murah kelas2 backpacker di Palu?
    Bagaimana kondisi public transportation disana, apakah sebaiknya kita rental kendaraan motor/mobil agar puas berkeliling objek2 wisata di sekitar kota Palu? ada info rental yg murah? hehe

    trims =D

     
  9. Cris Pangalila

    07,2013 at 31

    Luar Biasa

     
  10. Rita Harahap

    09,2013 at 30

    Halo, saya ada rencana ke Palu bulan Oktober nanti.
    Boleh minta info sewa mobil dan guide?
    Makasih.

     
  11. Tita Pooh

    11,2013 at 30

    sayangnya harga pesawat CGK-PLW sangat mahal :(

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: