RSS

Jalan-jalan ke Bunaken

11 Nov

Jalan-jalan ke Manado,..Jangan lupa mampir Tondano, Kalo so di Manado
nyanda Afdhol kalo gak ke Bunaken…Tapi..kalo ngoni so di Bunaken trus nda nyelam …sungguh  kenikmatan alam yang terlewatkan..
Hmmm..Memang bener.
Bunaken dengan pemandangan bawah laut yang Indah, Masya Allah.. betapa kehidupan bawah laut begitu damai.

           Tepat hari Minggu setelah sarapan, perjalanan dimulai dari Hotel Formosa, daerah bahu, Malalayang kita menuju bunaken dengan jalur perjalanan  naik mikrolet langsung, setelah nego kita bayar Rp.12.500 sampai tempat speedboat dekat pasar bersehati. Untuk memilih kendaraan penyebrangan ke bunaken agak sedikit ribet,karena antara petugas dengan pemilik beberapa perahu penyebrangan kurang kerjasama sehingga membingungkan. Setelah nego, kita bisa dapat harga 300 ribu pulang pergi termasuk naik perahu kaca.                Cuaca pagi itu cerah, air tenang, ombak pun hanya sesekali. Akhirnya perjalanan menunju Bunaken ini terlaksana juga. Tapi rasa penasaran begitu besar. Mulailah naik perahu motor, yang ditumpangi berdua. Diperjalanan yang memakan waktu k.l 45 menit ini, begitu mengasikkan, semilir angin sepoi-sepoi bertiup sepanjang perjalanan menuju pulau Bunaken. Hal ini turut menghiasi indahnya pemandangan.

               Dikejauhan tampak banyak pepohonan termasuk pohon kelapa. Oh..Indonesia memang Indah. Sementara ditengah perjalanan terlihat banyak kesibukan perahu motor yang menurunkan penumpang untuk menyelam, sementara hilir mudik perahu motor lainya, menambah indahnya pemandangan. Dan yang jelas, semua itu tak luput dari bidikan kamera. Para penyelam banyak juga turis asing.

             Dipertangahan kami berhenti untuk melihat pemandangan bawah laut dengan menggunakan katamaran kita bisa liat pemandangan laut yang indah dari balik kaca. Kita mesti pindah perahu yang khusus menyediakan kaca ini. kira-kira k.l 20 menit kita melihat dari balik kaca, ikan-ikan kecil dan ribuan species ikan yang indah lainnya, trumbu karang yang masih terpelihara maupun yang rusak, semua dapat menjadi hiburan tersendiri.

             Memang lokasi yang bagus untuk melihat ikan-ikan itu hanya ditempat tertentu, dan kita tinggal ikut saja. karena para pelaut ini sudah mengausai betul lokasi yang indah. Setelah waktu yang ditentukan, kita kembali pindah ke perahu motor yang sebelumnya, untuk melanjutkan perjalanan ke Bunaken.
 

                 Tiba di Bunaken, matahari sudah mulai terik, tapi angin laut yang berhembus, membuat semuanya menjadi lebih baik, selain itu banyak pohon-pohon yang dapat dijadikan tempat berteduh. Dan yang penting sudah siap berbagai makanan dan minuman yang bisa membuat segar dan dengan sensasi yang berbeda..voila… maksudnya, kita bisa menikmati berbagai makanan seperti nasi kuning, es kelapa muda, cendol, makanan khas menado. kami pun sempat menghabiskan 1 buah kelapa muda dengan harga 7500 . Disekeliling kita sudah banyak pula penjual Assesories khas Bunaken, seperti kaos, gelang, topi, dll. Ah..belanja nanti aja deh, yang penting snorkling dulu..he..he…. Selesai Minum Es Kelapa Muda, yang membuat badan makin segar dan bersemangat, walau aga sedikit berat, karena kebanyakan minum, kita langsung nego alat untuk snorkling. satu pasang kacamata nyelam dan sepatu seharga 50 ribu dan rompi air 10 ribu.

                   Setelah semua siap, tentunya kita butuh pengawal dong, karena kita kan gak tahu harus mulai dari mana. Alhamdulillah pemilik kapal motor tadi menawarkan diri untuk jadi guide dengan menggunakan kapal motor kembali kita menuju, tengah laut untuk snorkling, jaraknya k.l. 1 km dari tempat istrahat. Di lokasi ini sudah banyak perahu motor yang ngetem, karena sudah banyak pengunjung yang mau snorkling dan menyelam, setelah ada aba-aba dan sedikit petunjuk, seragampun dipakai, dan siap untuk beraksi..he..he..

Mulailah dengan turun perahu pelan-pelan, karena jujur aja, saya sedikit takut, maklum saat itu belum bisa berenang dan saya rada-rada pobia sama kedalaman, eh padahal peralatan renangnya lumayan lengkap, jadi gak mungkin tenggelam. Tapi yang lebih penting lagi, airnya gak dalam. Kita mulai dari yang gak dalem, sampe yang dalem banget. Saatnya telungkup diatas air laut. Wow…Ikan-ikan sudah pada menyambut kedatangan kita, apalgi bawain oleh-oleh biskuat, wah reaksinya semakin bersemangat. Rasanya gak mau ngedip.

              Indah dan menyenangkan di sambut hangat oleh ikan-ikan itu. Padahal kita belum sempat kenalan.  Saat nyelam ini kita bisa lihat langsung menikmati pemandangan keindahan bawah laut Taman Nasional Bunaken yang Indah dan barisan karang-karang yang tertata indah dengan warna warni di hiasi dengan ribuan species ikan karang dan biota laut lainnya. Bunaken underwater dengan trumbu karang,mungkin gak beda dengan wisata laut lainnya, disana ada kedamaian tersendiri. karena ini pengalaman pertama liat langsung pemandangan laut,rasanya benar-benar subhanallah, ikan dengan aneka warna,bentuk,dan ukuran berada disekitar kita. Bunaken memang eksotik. Kami sudah menyiapkan biskuat buat ikan-ikan ini, memberi makan ikan benar-benar pengalaman seru,ikan-ikan itu berebut makanan, saya berusaha menangkap tapi gak ada yang berhasil. Saat Snorkling rasanya gak mau pulang,waktupun gak terasa apalagi terik matahari yang lumayan membakar kulit. dari barisan karang dan jurang bawah laut, saya sempat ngeri kalo-kalo ada ikan hiu ato ikan besar yang nyamperin…Tapi yang jelas, rugi banget kalo moment ini terlewatkan. Rasanya gak ingin pulang, memang cara yang nikmat untuk menikmati bawah laun dengan sorkling. Seperti banyak cerita pengalaman ke Bunaken lainnya,

               Bunaken memang indah, eksotik banget, tidak hanya menarik bagi para penyelam ataupun snorkling, tapi juga untuk mengobati rasa penasaran akan surga bawah lautnya. Beberapa cerita menyebutkan bahwa masing-masing lokasi titik bawah laut itu terdapat spesies ikan yang berbeda. wah jadi penasaran, ingin melihat kesemua titik. Bisa gak pulang-pulang deh.

              Setelah k.l 2 jam snorkling, perasaan capek juga sudah mulai ada, lapar, panas, dan yang bikin gak nahan, mata sakit dan perih karena kena air laut, akhirnya kita nyerah juga. Kembali ke perahu menuju ke daratan. Dan jangan khawatir, karena disinipun kita bisa mengobati rasa lapar, dengan berbagai menu pilihan. Dan kami memilih ikan bakar dengan pisang goreng dan sambel khas manado. Woi…nikmatnya nek. Satu porsi Ikan bakar yang lumayan besar dengan sop dan nasi serta minuman teh manis hangat, bisa dinikmati dengan hanya merogoh kocek sebesar 40 ribu rupiah. Murah dan Enak. Nyam–nyam. Soal pisang goreng tadi…adalah pisang kepok/sepatu yang digoreng dengan agak sedikit keras, kemudian dinikmati dengan sambel tomat. Hmm…kuenyang walau hanya makan 1 biji. habis, pisangnya guede bget bo!!.

            Kunjungan ke Bunaken memang berkesan. Walaupun saya nyesel karena gak bisa diabadikan pada saat nyelam, ntar kameranya masuk air, malah rusak. Jadi fotonya saat di atas laut aja. Alhamdulillah Ya Allah, aku dapat kesempatan untuk menikmati pemandangan laut yang indah ini. Bunaken memang “wajib” dikunjungi. Apalagi kalo pemerintah setempat bisa memperbaiki dan meningkatkan fasilitas dan akses menuju lokasi ini.

          Karena Bunaken merupakan salah satu pemandangan yang bisa kita banggakan sebagai Bangsa yang kaya dengan keindahan alamnya. Besok pagi saya harus meninggalkan Manado dan Bunakennya, tapi Insya Allah saya ingin suatu saat akan bisa kembali menikmati keindahan pemandangan laut Bunaken, Mau nabung dulu. Serunya perjalanan ke Bunaken. Pantes aja banyak di buru oleh Divers.

       Special thanks to PT. Intisar Primula

 
7 Comments

Posted by on 11,2007 in Uncategorized

 

7 responses to “Jalan-jalan ke Bunaken

  1. devi

    05,2009 at 31

    oh ya saya mau nanya ne..rencana saya mau ke bunaken…jadi gmn cara saya bisa sampe ke bunaken dari bandara samratulangi manado…saya rencana pergi sendiri,.jadi mohon pentunjuk..hehehe
    sekalian harganya…soalnya perginya ala ransel neh..bukan ala koper..rencana mau ikut kursus dive disana..thanks

     
  2. uli

    08,2009 at 31

    mana foto2x na

     
  3. ical

    08,2009 at 31

    Ada yang tau tourist guide di Bunaken yang bisa ngurus perjalanan group dengan jumlah orang mininal 5 orang.
    Perjalanannya si Agent yang ngatur dari Bandara Sam Ratulangi.
    Thanks

     
    • ayu suwarayu

      07,2011 at 31

      bisa gak kasi info ttg hotel plus rent car murah plus beserta tarifx mulai yg dari paling mahal sampai yang paling murah,makasih yah :)

       
  4. deni

    01,2010 at 31

    salam backpacker indonesia.
    aku minta info hotel murah di manado, kalau bisa tidak terlalu jauh dari taman laut bunaken. di nanti pencerahannya thx sebelumnya.

     
  5. heri

    08,2010 at 31

    mohon infonya tentang biaya kapal, makan di sana donk

     
  6. junie

    09,2010 at 30

    aku mau tanya dong dari airport samratulangi ke bunaken berapa lama ya??
    transportasi dan hotel paling murah dekat taman laut bunaken di mana dan harganya berapa??
    maaf tanya banyak2 soalnya saya pergi ala ransel :P
    trimakasih

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: